S I L E

Supporting Islamic Leadership in Indonesia

S I L E - Supporting Islamic Leadership in Indonesia

PELATIHAN RISET BERBASIS KOMUNITAS

Presentase 4 fase Joanna Ochocka

Sejak tanggal 1 – 5 September 2014, Di Hotel D’Maleo berlangsung pelatihan Riset Berbasis Komunitas atau Community Based Research disingkat CBR. Pelatihan yang diadakan oleh Supporting Islamic Leadership (SILE) menyajikan pakar CBR dari Universitas Waterloo, Canada sekaligus sebagai Project Coordinator and Director Center for Research and Education for Human Services yaitu Joanna Ochocka.

Selama lima hari Joanna memberikan penjelasan dan berbagi pengalaman dalam penerapan CBR di Canada, dan bagaimana menerapkan CBR ini dilingkungan UIN Alauddin Makassar.

Hari pertama dimulai dengan pemahaman dasar dari CBR itu apa, apa manfaatnya, dan bagaimana penerapannya. Di hari ini masih sering terjadi miskomunikasi antara Peserta dan Joanna, hal ini disebabkan karena Joanna ingin focus di CBR, sedangkan teman2 lain ingin membuat keterkaitan praktek ABCD, Advocacy dan lain-lain.

Hari Kedua suasana sudah mulai mencair, peserta sudah mulai dapat memahami jalan pikiran Joanna, demikian pula dengan Joanna yang berusaha untuk dapat dipahami konsep yang dia tawarkan.

Hari Ketiga sudah mulai dengan pembahasan fase-fase pembangunan dengan pendekatan CBR, dihari ini juga sudah dibuat simulasi per kelompok, dimana setiap kelompok harus mengajukan studi kasus dari persoalan yang ada dimasyrakat, serta secara bertahap berusaha menghilangkan persoalan-persoalan tersebut.

Hari Keempat, diawali dengan pagi-pagi sudah harus kumpul di hotel DMaleo dan naik bus menuju Limbung, untuk melihat KKN Profesi yang dikelola Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Setelah berkomunikasi dengan mahasiswa KKN, Masyarakat dan Kepala Desa Rombongan CBR berkunjung kerumah tempat peserta KKN Profesi , dimana kita dijamu dengan buah Semangka, selepas jamuan Rombongan CBR langsung kembali ke Hotel dan mengkaji pengalam lapangan yang diperoleh..

Hari terakhir di hari kelima, Joanna sudah mulai membuka diskusi tentang persoalan-persoalan yang akan kita hadapi dalam penerapan CBR. Itu sebabnya CBR kita tidak perlu mencontoh semua yang dari Joanna, namun kita perlu mengembangkan konsep CBR kita juga sesuai dengan landasan ilmu pengetahuan. (By: RAK)

Category: Uncategorized

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

http://onlinerx365.com/antiinflammatory.html http://onlinerx365.com/antiinflammatory.html