S I L E

Supporting Islamic Leadership in Indonesia

S I L E - Supporting Islamic Leadership in Indonesia

Rencana Aksi dan Rembuk WargaAction Plan and Public Discussion

20140118_140512

PIU-SILE Online. (20/01/2014) Sebagai kelanjutan dari pelatihan ABCD bagi core group, maka pada tanggal 18 Januari 2014 diadakan rencana aksi (action plan). Rencana aksi ini dilakukan sendiri oleh core group untuk merekomendasikan berbagai kegiatan yang menurut mereka dapat dilaksanakan dan sesuai dengan aset yang mereka miliki.

Rencana aksi yang dipimpin oleh Muslimin sebagai ketua core group merekomendasikan beberapa kegiatan. kegiatan-kegiatan tersebut adalah; perbaikan jalan, pelatihan resolusi konflik, pemberdayaan gapoktan,       pelatihan pengelolaan bawang goreng, dan pengadaan mesin pengolahan kopi. Menurut Muslimin, mudah-mudahan beberapa kegiatan ini dapat diwujudkan semuanya atau sebagiannya. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan rekomendasi berdasarkan dari usulan warga.

20140118_122759Selain kegiatan rencana aksi, pokja 3 juga telah melaksanakan rembuk warga. Rembuk warga ini difasilitasi langsung oleh core group, yang terdiri dari Muslimin, Amiruddin dan Sri Wahyuni. rembuk warga ini dibuka oleh Sekdes Desa Ujung Bulu.

Kegiatan yang dihadiri oleh lebih dari 30 warga yang berasal dari berbagai profesi dan tingkatan masyarakat. Mereka adalah tokoh-tokoh masyarakat mulai dari guru, petani, ibu rumah tangga sampai tokoh pemuda. Banyak hal yang muncul dari warga yang merupakan usulan-usulan atau keadaan-keadaan yang terjadi di Desa Ujung Bulu. Usulan-usulan tersebut terkait dengan tata kelola pemerintahan, ekonomi, pertanian, kesehatan, dan pendidikan.

Kegiatan ini merupakan awal dari pelaksanaan program Pokja 3 yang difasilitasi langsung oleh anggota core group. Dengan adanya kegiatan ini menjadikan anggota core group dan tim pokja 3 mengerti dan memahami keinginan-keinginan dari warga.

Category: Uncategorized

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*