S I L E

Supporting Islamic Leadership in Indonesia

S I L E - Supporting Islamic Leadership in Indonesia

Masyarakat Ujung Bulu Kab. Jeneponto Mendapatkan Ilmu ABCDTraining ABCD in Ujung Bulu, Jeneponto Regency

20140117_140221

PIU-SILE Online. (18/01/2014) Sebagai kelanjutan dari program SILE – POKJA 3 di dua desa yaitu Desa Ujung Bulu dan Desa Pappalluang Kab. Jeneponto, maka Pokja 3 pada tanggal 16 – 17 Januari 2014 melakukan pelatihan ABCD untuk dua komunitas yaitu Core Group Desa Ujung Bulu dan Core Group Desa Pappaluang. 

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Ujung Bulu ini dibuka oleh Sekdes Ujung Bulu yang menyatakan bahwa “kegiatan ini sangat penting dan perlu diapresiasi oleh seluruh warga Ujung Bulu dan Pappalluang”.

Menurut Pak Sekdes, “kegiatan SILE ini adalah kegiatan yang ingin memajukan desa kita dan oleh karena itu perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya agar supaya dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik untuk kemajuan desa”. Sambutan dari pihak SILE – Pokja 3 yang diwakili oleh ManagerProgram Pokja 3 (Ridwan Idris) menyatakan bahwa “kegiatan ini adalah kelanjutan dari program-program sebelumnya seperti; social mapping dan pembentukan core group”. Lebih lanjut dikatakan bahwa “kegiatan ini adalah kolaborasi dari UIN Alauddin Makassar dan LPM yang disatukan dalam kegiatan SILE di Pokja 3 dan merupakan kegiatan pengabdian masyarakat untuk menumbuhkan kerja-kerja kreatif antara UIN Alauddin, LPM dan masyarakat untuk mewujudkan tata kelola masyarakat (good governance)”.

20140117_110053Kegiatan ini dihadiri oleh 10 orang dari Desa Ujung Bulu dan 5 orang dari Desa Pappalluang. Pemateri atau narasumber dari kegiatan ini adalah Dr. Mustari, sebagai alumni ABCD dari Coady yang telah melatih para peserta dengan berbagai kegiatan dan permainan yang sangat kreatif. Hari pertama diisi dengan pengenalan tentang ABCD serta berbagai ruang lingkupnya. Hari kedua diisi dengan kegiatan untuk mengungkap dan mendapatkan aset-aset dari masyarakat.

Pelatihan ini dihadiri oleh fasilitator dari UIN Alauddin Makassar, yaitu; Ridwan Idris dan Risnah. Sedangkan dari LPM, yaitu; Basri, Maskur, Rustam dan Mursalim, dengan trainer Dr. Mustari. Pelatihan ini juga dihadiri oleh Konsultan SILE ibu Sri Mastuti dan sekaligus menutup kegiatan ini di hari kedua. Menurut Ibu Sri, “mudah-mudahan pelatihan ini dapat menghasilkan core group yang mampu mengembangkan dan bekerja untuk desanya sehingga menciptakan good governance di tengah-tengah masyarakat.

Category: Uncategorized

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*