S I L E

Supporting Islamic Leadership in Indonesia

S I L E - Supporting Islamic Leadership in Indonesia

Perjalan sosial Mapping pokja 3Perjalan sosial Mapping pokja 3

IMG_3308

PIU-SILE Online (21/12/2013) JENEPONTO,  Desa Ujungbulu dan Desa Pappalluang  yang merupakan Dataran tinggi Kab. Jeneponto, Ujungbulu  dan Pappalluang ditetapkan sebagai desa dampingan dari POKJA 3, sebagai bentuk  kemitraan Kampus dan LPM Kab.Jeneponto , untuk program pendampingan dan peningkatan kapasitas warga kedua Desa tersebut diatas ( 20/11/2012).

Pokja 3 ini melakukan mapping social dikedua Desa dan para anggota Pokja mengaku sangat tertarik dengan kondisi Ujungbulu. ” Jarang ada tempat seperti ini. Di daerah yang selama ini mendapat predikat daerah gersan,  ternyata terjawab sudah image masyarakat bahwa daerah Kab.Jeneponto tidak semuanya daerahnya gersan, akan tetapi daerah ini terbagi atas beberapa dataran, dataran Rendah, sedang, dan tinggi. Dimana kedua Desa Ujungbulu dan Pappaluang ini adalah sebuah desa yang asri dengan kebudayaan asli yang tetap terjaga.

Ujungbulu dan Pappaluang adalah sebuah dataran tinggi yang dikelilingi oleh pegunungan, perkebunan, dan pertanian, yang memiliki asset yang banyak sebagai daya tarik kedua desa tersebut. Kendati secara geologis  kedua desa ini yang sangat berjauhan ada yang terletak di ujun sebelah utara yang berbatasan Kab. Bantaeng Dan Kab. Gowa dan ada yang berada disebla Timur berbatasan Kab. Takalar Dan Kab. Gowa . dimana Desa Ujungbulu  ini terletak di Kecamatan Rumbia dan Desa Pappalluang terletak di Kecamatan Bangakala Barat.

Anggota Pokja 3 yang terdiri pengurus LPM Kab. Jeneponto dan UIN Alauddin Makassar yang diwakili oleh beberapa  Fakultas, Jurusan, dan didanpingi oleh dari anggota PIU dan SILE yang sesuai  kompetensi yang dimiliki masing-masing .

Sekitar  1 jam perjalanan dari kota Kabupaten Jeneponto menuju Desa Ujungbulu  menyusuri jalanan yang rusak dan berbukit. Sekretaris Desa Ujungbulu bersama keluaraganya menyambut kami dengan baik.

Di Desa Ujungbulu dan Pappalluang warga tinggal di rumah-rumah panggung yang terbuat dari kayu. Berarsitektur tradisional Makassar. Warga menanam aneka bunga di halaman.

Desa ini dihuni oleh kurang lebih 1.000 orang. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani . Mereka yang memiliki lahan cukup luas menggantungkan hidupnya dari Perkebunan/pertanian: Sawi, Kopi, Kentang, Kol, Wortel, Cengkeh, Markisa , jagung, Padi, berdagan dan lain-lain.(*)

Pokja 3 melakukan social mapping di dua desa Ujungbulu sama Pappalluang yang diawali persiapan, wawancara /interview mendalam, dan FGD dan pembuatan narasi laporan analisis report.

Category: Berita
  • pokja3 says:

    SAATNYA BELAJAR UNTUK MEMBUAT BERITA

    December 20, 2013 at 11:51 pm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

http://onlinerx365.com/cialis_brand.html purchase Cialis Brand pills