S I L E

Supporting Islamic Leadership in Indonesia

S I L E - Supporting Islamic Leadership in Indonesia

PELATIHAN RISET BERBASIS KOMUNITAS

Presentase 4 fase Joanna Ochocka

Sejak tanggal 1 – 5 September 2014, Di Hotel D’Maleo berlangsung pelatihan Riset Berbasis Komunitas atau Community Based Research disingkat CBR. Pelatihan yang diadakan oleh Supporting Islamic Leadership (SILE) menyajikan pakar CBR dari Universitas Waterloo, Canada sekaligus sebagai Project Coordinator and Director Center for Research and Education for Human Services yaitu Joanna Ochocka. Continue reading

Training Mubbalig Angakatan I

Training Muballig Tahap 1

PIU-SILE Online. (26/02/2014) Training Muballig Tahap I resmi dibuka oleh Rektor UIN Alauddin Makassar, Prof. Dr. H.A Qadir Gassing HT, MS., di Hotel Horison Makassar. Training ini akan berlangsung tanggal 26 – 27 Pebruari 2014. Training Muballig ini dilaksanakan berangkat dari cita-cita Rektor UIN Alauddin yang menginginkan lahirnya muballig-muballig yang profesional dan plus, yakni, muballig yang tidak saja memiliki kemampuan metodologis tetapi juga memiliki pengetahuan agama yang mendalam dan terintegrasi dengan pengetahuan tentang issu-issu Democratic Governance.  Continue reading

Workshop Knowledge Management Tenaga Kependidikan UIN Alauddin Makassar

Singgasana1

PIU-SILE Online (28/12/2013) Salah satu program prioritas SILE/LLD UIN Alauddin adalah penguatan kelembagaan melalui issu Democratic Governance. Maka sebagai bentuk tanggung jawabnya PIU SILE melaksanakan Workshop Knowledge Management Tenaga Kependidikan UIN Alauddin Makassar yang berlangsung dari tanggal 28 sampai 29 Desember 2013 di Hotel Singgasana Jl. Kajoalalido Makassar. Continue reading

saatnya naik gunung

IMG_0528

setelah menunggu beberapa bulan pasca assessment, POKJA 1 akhirnya dipastikan akan kembali naik gunung sekitar bulan januari 2014 di Borongbulo, Desa Paranglompoa, Gowa untuk melakukan follow up kegiatan berdasarkan assessement. Informasi ini didapatkan dari Finance staff sile, ibu edha, ia mengatakan bahwa TOR (term of reference) yang telah dibuat oleh POKJA 1 telah disetujui oleh Ibu Sri Mastuti, advisor democratic governance, dan sekarang ini budgetnya sudah direview oleh pihak keuangan pusat CIDA Jakarta. Kepastian budget diperkirakan selesai minggu ini dan akan ditransfer pada tanggal 6 Januari 2014.

Saat ini POKJA 1 sedang mempersiapkan agenda kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan TOR. Fokus kegiatan POKJA 1 untuk beberapa bulan ke depan adalah Pelatihan perencanaan dan penyusunan anggaran pro poor dan responsive gender, hanya saja sebelumnya akan dilakukan tahap-tahap kegiatan yang menjadi pengantar, seperti pembentukan core group dan penyamaan persepsi tentang teori ABCD (asset based community development), demikian disampaikan oleh Manager admin POKJA 1, Muhaemin Latif dan didampingi oleh manager lapangan, Idham khalid.

WORKSHOP ON WRITING PRACTICAL POCKETBOOK ON GENDER ISLAM, AND LOCAL CULTURE FOR WORKING GROUP AND COMMUNITY

Workshop

PIU-SILE UIN Alauddin.Online (05/12/2013). SILE UIN Alauddin Makassar mengadakan Workshop Penulisan Buku Saku tentang Gender dari prspektif Islam dan Budaya Lokal. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Swiss Belinn yang akan berlangsung dari tanggal 5-6 Desember 2013. Workshop ini diikuti oleh 25 orang peserta, dengan rincian, 2 orang dari masing-masing POKJA (8 POKJA), Perwakilan Komunitas dampingan, 4 orang dari PSGA UIN Alauddin dan 4 orang dari OMS. Drs. Irwanuddin, sebagai PIU SILE UIN Alauddin, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mempersiapkan penulisan buku praktis (Buku Saku) bagi POKJA, OMS dan Civitas Akademika UIN Alauddin, Community Core Group dalam merespons pertanyaan seputar masalah gender, terutama dari padangan Islam dan Budaya lokal.

Workshop ini dibuka oleh Ketua PSGA UIN Alauddin Makassar, Hj. Aisyah Kara, Ph.D dan dipandu langsung oleh Gender Advisor SILE, Dr. Hj. St. Ruhaini Dzuhayatin. Dalam Sambutannya, Ketua PSGA mengatakan bahwa “workshop ini sangat strategis untuk menjawab berbagai persoalan yang timbul dalam masyarakat. Selama ini, respons terhadapa masalah gender hanya dijawab melalui Islam saja, atau budaya saja. Buku saku yang akan menjadi produk dari penghujung kegiatan ini akan mengandung nilai-nilai Islam dan Budaya lokal”  Workshop ini akan menggali sebanyak-banyaknya informasi dari peserta persoalan apa saja yang kerap timbul di kehidupan sosial masyarakat lokal Sulsel, baik di ruang domestik maupun publik. Menurut sakah seorang peserta workshop, Muhaemin Latif, “workshop ini sangat bermanfaat karena tidak berhenti pada pembicaraan gender tetapi melahirkan satu buku saku yang nantinya manfaatnya lebih luas kepada masyarakat” Penesehat Gender untuk Proyek SILE mengaharapkan workshop ini akan produktif untuk melahirkan gagasan-gagasan yang akan menjadi sulosi alternatif bagi persoalan gender di tengah-tengah masyarakat.

MONEV KEGIATAN POKJA 4MONEV KEGIATAN POKJA 4

Photo Pokja 4

MONEV  KEGIATAN POKJA 4

SILE-PIU UIN Alauddin Online (4/09/2013). Kegiatan community outreach (pengabdian kepada masyarakat) pokja 4 berupa asessment  di Kelurahan Cambaya  tahun 2012/2013  berjalan lancer dan sukses, namun masih banyak yang harus dilakukan kedepan,  agar program   memberikan hasil yang  baik. Karena itu, dipandang perlu  melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan yang telah lalu.

Menindaklanjuti hal tersebut ,telah dilakukan pertemuan internal pokja 4, pada tanggal 4 September 2013,bertempat gedung LP2M UIN Alauddin Makassar. Agenda utama pertemuan adalah  mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, menyatukan persepsi atau pemahaman pelaksanaan kegiatan selanjutnya, mempersiapkan program kegiatan selanjutnya dan membangun slaturahim tim pokja.

Pertemuan ini dihadiri oleh anggota pokja 4, Jumriah, Abdillah Mustari, Lawiyah dan Ambo Masse. Sementara pendamping Pokja 4, Hj. aisyah Kara, Ph.D juga hadir sebagai bagian dari tim. Salah satu point penting dari hasil pertemuan yaitu setiap anggota pokja diserahi tanggungjawab mensukseskan program SILE-PIU yaitu terwujudnya democratic governance pada komunitas dampingan. (jum-syam)

SOSIALISASI GUIDELINE POKJA AND STANDARD PAYMENT 2013-2014SOSIALISASI GUIDELINE POKJA AND STANDARD PAYMENT 2013-2014

Photo rakor Pokja-Sri

PIU-SILE UIN Alauddin (22/11/2013). SILE UIN Alauddin melangsungkan pertemuan dalam rangka sosialisasi panduan Pokja dan standar pembayaran dalam kegiatan di komunitas dampingan. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Perpustakaan dan Penelitian lantai 3 UIN Alauddin pada tanggal 22 November 2013 dan diikuti oleh seluruh anggota Pokja 1 sampai Pokja 8. Tujuan dari pertemuan ini adalah meletakkan pemahaman yang sama sebelum terjun ke komunitas dampingan untuk tahap selanjutnya. Persamaan pemahaman samgat penting karena tidak saja lahir dari hasil evaluasi kemitraan pada tahun sebelumnya, tetapi juga untuk kepentingan penguatan fungsi pengabdian kepada masyarakat di level universitas.

Dalam pertemuan itu, Sri Mastuti, Advisor bidang Democratic Governance, menjelaskan tentang format dan substansi kemitraan antara Civil Society Organization (CSO) dengan UIN Alauddin dalam melakukan perubahan signifikan pada komunitas dampingan. Format kemitraan yang dimaksud mencakup standard pembayaran bagi tim yang bekerja sebagai Pokja di komunitas dampingan serta substansi perubahan yang diinginkan pada komunitas dampingan